Pages

Selasa, 06 Januari 2015

TUGAS KEDUA : ARSITEKTUR KOMPUTER

Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.

Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.

Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
  1. Set instruksi (ISA)
  2. Arsitektur mikro dari ISA, dan
  3. Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.


Komputer tersusun atas beberapa komponen penting seperti CPU,memori dan perangkat I/O. untuk menghubungkan komponen tersebut diperlukan Sistem Bus agar mebentuk satu kesatuan fungsi dalam menjalankan tugasnya. 



Pengertian Bus 
Bus adalah lintasan komunikasi yang menghubungkan dua atau lebih komponen dasar, Bus merupakan media transmisi yang digunakan bersama oleh sejumlah perangkat. diperlukan aturan main agar tidak terjadi tabrakan dataatau kerusakan data yang di transmisikan. walaupun digunakan bersaa namun dalam satu waktu hanya ada sebuah perangkat yang dapatmenggunakan bus. saluran bus dikategorikan dalam 3 bagian :
  1. Saluran Data ( Data Bus )
  2. Saluran Alamat ( address Bus )
  3. Saluran Kontrol ( control Bus )
1. Saluran Data

Saluran data ( data bus ) adalah lintasan bagi perpindahan data antar modul. Jumlah saluran terkait dengan panjang word, misalnya 8, 16, 32 saluran dengan tujuan agar mentransfer word dalam sekali waktu. Contoh bus data terdiri atas 8 saluran shingga dalam satu waktu dapat mentransfer data 8 bit

2. Saluran Alamat
Saluran alamat ( address bus ) digunakan untuk menspesifikasi sumber dan tujuan data pada bus data. Saluran ini digunakan untuk mengirim alamat word pada memori yang akan diakses CPU.

3. Saluran Kontrol
Saluran kontrol ( control bus ) digunakan untuk mengotrol bus data, bus alamat dan seluruh modul yang ada.Karena bus data dan bus  alamat digunakan oleh semua komponen maka diperlukan suatu mekanisme kerja yang dikontrol melalui bus kontrol ini.

sumber :
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer
  • http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/HERBERT/KEL06-Arsitektur%26_Organisasi_Komputer.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teknik Elektro

Teknik Elektro