Pages

Selasa, 16 Oktober 2012

SEJARAH TELEKOMUNIKASI DI DUNIA

GAMBAR . SEMAPHORE

Telekomunikasi menurut sejarahnya berasal dari dua suku kata yaitu (tele = jarak jauh) dan (communicara = berita atau informasi). Sejarah dari dari telekomunikasi diawali dengan menggunakan asap dan drums sebagai sinyal nya dan ini terjadi di Africa, Amerika dan bagian dari Asia.Pada tahun 1790 pertama kali sistem semaphore dibangun.

Semaphore atau disebut juga telegraf optis adalah suatu alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi dengan menggunakan sinyal visual melalui menara. Pada awalnya dibangun semaphore ini adalah dengan sebuah menara dengan kicir berporos, penutup, matriks atau dengan menggunakan bendera yang dikendalikan okeh manusia. Informasi di sandi-kan dengan posisi elem mekanis yang dibaca sewaktu kincir atau bendera berapa pada posisi tetap.

GAMBAR. TELEGRAF ELEKTRIS 
Semaphore muncul lebih dulu disbanding telegraf elektris.Semafor lebih cepat daripada penunggang kuda untuk menyampaikan pesan jarak jauh, tapi jauh lebih mahal dan lebih terbuka dibandingkan saluran telegraf elektris yang kelak akan menggantikan mereka. Jarak yang dapat ditangani oleh telegraf optis dibatasi oleh geografis dan cuaca, sehingga dalam penggunaan praktis, kebanyakan telegraf optis menggunakan barisan stasiun relay untuk mengatasi jarak yang lebih jauh.

Akan tetapi tidak sampai pada tahun 1930 an system telekomunikasi secara elektronik mulai kelihatan. Berikut inilah sejarah telekomunikasi pada tahun 1930 an sampai pada tahun 1990 an :

1830’s Gauss and Weber mengembangkan telegraph system dengan skala yang kecil di Gottingen (tele=jarak jauh, graph=tulisan)


Beberapa tahun sebelum telegraf diciptakan oleh penemu Amerika Samuel Morse merevolusi komunikasi, dua ilmuwan Jerman membangun telegraf mereka sendiri fungsional.

Carl Friedrich Gauss (1777 - 1855), direktur Observatorium Gottingen, dan rekannya Wilhelm Weber (1804 - 1891) menemukan salah satu Telegraf pertama dan menggunakannya untuk berkomunikasi satu sama lain.

Dalam rangka mengkoordinasikan studi mereka geomagnetism, dua orang dirangkai kawat tiga-kilometer-panjang dari Weber fisika laboratorium untuk observatorium Gauss. Ini adalah penggunaan praktis pertama dari sebuah telegraf mana saja di dunia. Mereka tidak mampu untuk mendapatkan dukungan keuangan dari observatorium untuk penemuan mereka, bagaimanapun, dan merana.

Gauss melanjutkan untuk kemudian mengembangkan metode (masih digunakan sampai sekarang) untuk mengukur kekuatan medan magnet. Dia juga membuat kontribusi yang signifikan terhadap pemahaman kita tentang medan magnet bumi.

1840 Samuel Morse patent practical telegraph
Samuel Morse patent practical telegraph

Pada 1825, kota New York ditugaskan Morse sebesar $ 1.000 untuk melukis potret Gilbert du Motier, marquis de Lafayette , di Washington. Sementara Morse sedang melukis, seorang utusan kuda menyampaikan surat dari ayahnya yang membaca satu baris, "istri tercinta Anda sembuh ". Morse segera meninggalkan Washington untuk rumahnya di New Haven , meninggalkan potret Lafayette yang belum selesai. Pada saat ia tiba, istrinya sudah dimakamkan. [ 7 ] Patah hati dalam pengetahuan bahwa selama berhari-hari ia menyadari kesehatan istrinya gagal dan kematian kesepian, ia pindah dari lukisan untuk mengejar sarana yang cepat komunikasi jarak jauh . [ 8 ]

Di rumah perjalanan laut pada tahun 1832, Morse ditemui Charles Thomas Jackson dari Boston , seorang pria yang baik dididik dalam elektromagnetisme . Menyaksikan berbagai eksperimen dengan Jackson elektromagnet , Morse mengembangkan konsep satu-kawat telegraf , dan The Gallery of the Louvre disisihkan. Morse asli telegraf, disampaikan dengan nya paten aplikasi, merupakan bagian dari koleksi dari Museum Nasional Sejarah Amerika di Smithsonian Institution . [ 9 ] Dalam waktu kode Morse akan menjadi bahasa utama telegrafi di dunia, dan masih standar untuk berirama transmisi data.

Sementara itu, William Cooke dan Profesor Charles Wheatstone belajar dari Weber Wilhelm dan Carl Gauss elektromagnetik telegraf pada tahun 1833, dan telah mencapai tahap meluncurkan telegraf komersial sebelum Morse, meskipun mulai akhir. Di Inggris, Cooke menjadi kagum dengan telegrafi listrik pada tahun 1836, empat tahun setelah Morse, tetapi dengan sumber daya keuangan yang lebih besar. Cooke meninggalkan subjek utamanya tentang anatomi dan membangun sebuah telegraf listrik kecil dalam waktu tiga minggu. Wheatstone juga bereksperimen dengan telegrafi dan (yang paling penting) mengerti bahwa satu besar baterai tidak akan membawa sinyal telegraf jarak jauh, dan bahwa baterai kecil banyak jauh lebih sukses dan efisien dalam tugas ini (Wheatstone sedang membangun pada penelitian utama Joseph Henry , seorang Amerika fisikawan ). Cooke dan Wheatstone membentuk kemitraan dan dipatenkan telegraf listrik Mei 1837, dan dalam waktu singkat telah memberikan Great Western Railway dengan bentangan 13 mil (21 km) dari telegraf. Namun, Cooke dan multiple-kawat metode signaling Wheatstone akan disusul dengan metode Morse lebih murah dalam beberapa tahun.

Dalam sebuah surat kepada seorang teman, Morse menjelaskan bagaimana ia berjuang keras untuk disebut penemu tunggal elektromagnetik telegraf meskipun penemuan sebelumnya. [ 10 ] (1848). [ 11 ]

Saya telah begitu terus-menerus di bawah perlunya menonton gerakan dari himpunan yang paling berprinsip dari bajak laut yang pernah saya kenal, bahwa semua waktu saya telah diduduki dalam pertahanan, dalam menempatkan bukti menjadi sesuatu seperti bentuk hukum yang saya penemu Electro -Magnetic Telegraph!! Apakah Anda percaya itu sepuluh tahun yang lalu bahwa pertanyaan dapat diajukan pada subjek?



1844 Morsemulai membangun jaringan telegraph hingga 40-mile antaraWashington,DC, danBaltimore

1876 Alexander Graham Bell and Thomas A. Watson mendemonstrasikan dan mempatentkan telephone demonstrate (tele=jarak jauh, phone=bicara)

1878Bellforms the Bell Telephone Company and establishes pertama kali membuat office switching diNew Haven, CT

1878 Thomas Watson mengajukan patent untuk pertama kali mengenai telephone ringer

1881 John Carty, aBellengineer,menemukan two-wire local loop

1887 Heinrich Hertz orang pertama kali membuat gelombang radio

1887 Charles Vernon Boys menjelaskan mengenai konsep dari pemandu cahaya yang melalui fiber glass atau serat optic

1890 Jaringan telepon yang terdiri atas switching offices dan kabel menuju ke pelanggan (balanced, insulated, twiated pair) dengan menggunakan koneksi untuk jarak jauh antara switching office dan pelanggan

1896 Guglielmo Marconi mengembangkan untuk pertama kali telegraph system dengan menggunakan wireless atau nirkabael

1926 Untuk pertama kalinya public crossbar switch exchange dibuka di Sweden

1927 Untuk pertama kalinya layanan radio telephone secara komersial dioperasikan diantara Inggris danUnitedState

1939 Pulse code modulation (PCM) ditemukan, yamg kemudian menjadi dasar untuk pengiriman (transmisi) suara atau voice secara digital

1940’s Untuk pertama kalinua pengguanan crossbar exchanges yang menjadi popular di US

1946 Untuk pertama kalinya mobil dengan menggunakan telephone bergerak (mobile) yang dibangun diSt. Louis, dengan menggunakan teknologi Push to Talk.

1946 The L1-carrier system installed to support 1800 telephone circuits using frequency division multiplexing over 3 pairs of coax cables

1948 Claude Shannon mempublikasikan dua teori mengenai teori informasi yaitu diantaranya yang berisi mengenai dasar untuk kompresi data (Source Encoding), dan error detection dan correction (channel coding)

1950 TD-2,adalah yang pertaman kalu menggunakan system telekomunikasi dengan terrestrial microwave, dan pada saat di install dapat melayani atau mensupport 2400 line telephone circuits

1950’s Pada akhir decade ini beberapa layanan mobile system dengan push to talk didirikan di kota-kota besar untuk CB (Citizens band ) radio, taxi, kepolisian, dan sebagainya

1950’s Pada akhir decade ini untuk pertama kalinya paging access control equipment (PACE) yaitu paging system mulai didirikan.

1986 Dengan menggunakan fiber optic maka attenuation atau pelemahan mencapai 0.154 dB/Km hingga 0,13 dB/Km1980’s Pada pertengahan decade ini, 565 Mbps dengan system fiber optic digunakan untuk PSN (Public Switched Network)

1989 CCITT mempublikasian SONET standards G.707, G.708, G.709

1980’s Pada akhir decade ini Local Area Network (LAN)Late in the decade, Local Area Networks (LANs) mulai muncul dan sangan efektif dalam melakukan transfer data antara group dalam local komputer

1980’s Pada akhir decade ini AT&T menggati semua analog multiplexing dengan digtal multiplexing. MCI mulai dikenalkan pada awal tahun 1990 an

1990 Motorola files FCC mengajukan ijin aplikasi untuk meluncurkan 77 (Revised down hingga 66) untuk komunikasi satelit LEO (Low Earth Orbit) yang sekarang dikenal dengan Iridium Sistem (77 merupan unsur Iridium)

1992 Bell Labs mendemonstrasikan 5-Gbps transmisi melalui jaringan optical sepanjang 15.000 Km dan 10 Gbps sepanjang 11.000Km

1992 Satu juta host telah dihubungkan ke internet dan jumlahnya akan menjadi sekitar dua klai dalam setiap tahun

1993 Internet Protocol version 4 (IPv4) ditetapkan untuk biasa digunakan dalam tarnsmisi data melalui jaringan internet yang dihubungkan dengan Transport Control Protocol (TCP)

1993 Asymmetric Digital Subscriber Lines (ADSL) standardized digunakan dalam teknik discrete multi tone untuk mendapatkan layanan yang lebih tinggi yang disedikan dalam rencana pada old telephone service (POTS)

1994-5 FCC licenses the Personal Communication Services (PCS) denganspectrum (1.7 to 2.3 GHz)dengan harga $7.7B

1996 1000BASE-T standardization mulai untuk 1 Gbps ethernet, dan diharapkan dapat digunakan pada tahun 1999

1997 75% pada sekolah dasar and 90%Sekolah menengah diUStelah menggunakan akses internet. 25% dan 30% kelas dalam sekolah dasar telah menggunakan akses internet

1998 Sprint Corp Mengumumkan bahwa akan dengan menggunakan packet switching network dalam pengiriman suara, data, dan video akan memperoleh banyak keuntungan

1998 Ericsson, IBM, Intel, Nokia, and Toshiba mengumumkan mereka akan bergabung untuk mengembangkan Bluethoot yang akan digunakan untuk pertukaran data melalui jaringan wireless antara computer atau cell phone

1990’s Pada akhir decade ini, modem 56 Kbps untuk komunikasi dengan kecepatan tinggi melalui jaringan telepon standart sudah dapat digunakan

1990’s Pada akhir decade ini, Virtual Private Networks (VPNs) dengan basis atau dasar L2TP dan IPsec sudah bisa didapatkan

1990’s Pada akhir decade, mulai mengimplentasikan koneksivitas dengan vBNS (very-high-performance Backbone Network Service) untuk next generation Internet dengan menggunakan IP melalui ATM pada infrastruktur SONET 622.08 Mbps

1990’s Pada akhir decade ini juga dikembangkan Desktop Video Teleconferencing (VTC)

1990’s Pada akhir decade ini cable modem mulai luar biasa dibangun untuk koneksi ke kabel televisi yang masih terus berkembang hingga saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teknik Elektro

Teknik Elektro